“MILIST”

15 Feb 2010

Mailing list atau biasa disingkat orang dengan Milist saja adalah media yang paling saya gemari di jagat Internet ini. betapa tidak, milist sudah membesarkan saya. milist-milist yang sudah banyak memberikan kontribusi bagi saya adalah milist PC Plus, Milist Neotek, Milist Ilmu Komputer, Chip dan lain-lain yang tak dapat saya sebutkan satu satu disini. dan ada seorang teman yang bertanya kepada saya Apa itu mailing list?, ketika saya mengajaknya untuk ikut sebuah mailing list. dari hasil cari-cari maka saya mendapatkan link yang cukup menarik untuk dijadikan referensi.

apa itu Mailing list?

Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.
Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

Jika seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, terserah kita apakah kita ingin mereply mailnya, mengirim mail baru atau hanya membaca tanpa ikut berdiskusi.

Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.
Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLMS) atau Mail Servers.

Mailing List (Milis): Fungsi, Tujuan dan CaraMembuat

Milis Free Mailing List Free

Mailing List atau sering disebut dengan Milis, merupakan daftar orang-orang yang bergabung didalam suatu komunitas tertentu yang secara periodik dikirimi surat elektronik (email).

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial dan selalu memiliki kecenderungan untuk membentuk komunitas. Dalam berhubungan dengan komunitasnya (misalnya dengan saudara-saudara dalam suatu keluarga besar yang tersebar diberbagai daerah atau dengan eks teman-teman sekolah yang telah tersebar kepelosok bumi ini), tentu akan sangat amat sulit sekali :) apabila harus mengumpulkan semua. Untuk itu memanfaatkan teknologi mailing list adalah jalan yang dapat memperlancar komunikasi (tentu milis bukan satu-satunya yang dapat dijadikan sarana komunikasi tersebut, masih ada Web Forum, Chat room dan lain-lain dengan segala kelebihan dan kekurangannya)

Singkatnya, dengan berkomunikasi memanfaatkan teknologi milis, seluruh anggota milis dapat menerima email yang dikirim oleh salah satu anggota tanpa perlu mengirim satu persatu ke masing-masing anggota (bayangkan bila anggota milis suatu alumni sekolah mencapai ratusan dan harus mengirim satu per satu)

Ada 2 cara Membuat Mailing List :

  • Membangun sendiri server mailing list atau yang sering disebut Listserver (tidak dibahas disini)
  • Menggunakan Listserver yang ditawarkan oleh beberapa hosting milis, dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya apapun alias gratiiiss seperti Yahoo! Group atau Google Group

Cara Membuat Mailing List di Yahoo! Group dan Google Group

  • Buat account email Yahoo! ID (Yahoo! ID bersifat umum untuk mengakses fasilitas Yahoo, apabila belum memilikinya, klik disini untuk membuat Yahoo! ID atau klik disini untuk membuat account GMail jika ingin membuat Milis di Google Group Kunjungi disini untuk membuat Yahoo!Group atau disini untuk membuat Google Group
  • Untuk membuat Mailing List pada kedua group hampir sama, selanjut ikuti penjelasan dibawah pada Yahoo! Group saja ->Lakukan login dengan Yahoo! ID, klik create a group yang akan kita buat atau langsung klik start your group ->
  • Lakukan 3 tahapan yaitu -> memilih Categori (isi kolom atau ada pilihan,setelah itu, klik Place my group in .) continue -> Describe Your Group -> isi nama group -> buat alamat email group (yang akan digunakan sebagai alamat milis) -> isi discription (misal Ikatan Alumni atau Perkumpulan Hobi Makan dll) -> klik Continue
  • Create Profile bila anda inginkan -> isi word verification -> klik Continue
  • Selesai ! Anda telah memiliki Mailing List pada Yahoo! Group.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post